www.sevenmediatech.co.id





Blog 04 November 2021 / Monika Rachma

4 Tahap Menuju Sekolah Digital

 

 

Perkembangan teknologi mendorong terjadinya revolusi industri yang setiap masa mengalami perkembangan untuk terus berrevolusi menjadi lebih baik. Dimulai dari revolusi industri 1.0 hingga revolusi 4.0 semua memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kegiatan manusia.

 

Revolusi Industri 4.0 adalah penggabungan teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Dimana teknologi informasi membantu jalannya pengaplikasian, sehingga tenaga manusia berkurang karena adanya otomatisasi dari teknologi yang dirancang.

 

Tidak hanya bidang industri saja yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini, namun seluruh bidang umum lainnya juga dapat memanfaatkannya. Kali ini bidang akademik yang mulai bertransormasi mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0 agar tidak tertinggal dan tetap relevan.

 

Berikut 4 tahap yang perlu dilakukan untuk membangun sekolah berbasis digital:

  1. Pelatihan Teknologi Digital

            Mengingat negara Indonesia yang belum secara merata melek teknologi, terkhusus untuk daerah daerah yang terdapat di pelosok negeri. Maka perlu adanya pelatihan terhadap para tenaga pendidik terkait penerapan media pembelajaran digital. Pelatihan ini berupa pembelajaran, bimbingan dan pelatihan teknologi yang cukup komplek untuk menunjang kegiatan pembelajaran digital. Untuk memaksimalkan pelatihan yang dijalani oleh para tenaga pendidik, tentu saja membutuhkan tentor yang berpengalaman dan kompeten dibidangnya.

 

  1. Jaringan Internet yang Tersedia

Untuk mendukung perkembangan teknologi yang terjadi, tentu jaringan internet adalah hal yang wajib tersedia. Karena teknologi dan internet adalah dua hal yang saling berkaitan adanya. Dengan tersedianya jaringan internet, kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara digital dapat diakses dan diikuti dengan lancar oleh para siswa/mahasiswa.

 

  1. Tersedianya Media Ajar

Media pembelajaran yang berubah, tentu membutuhkan media yang mendukung dan cukup untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Jika pembelajaran berubah secara digital, tentu membutuhkan media digital yang optimal untuk para tenaga pendidik maupun siswa/mahasiswa, seperti laptop, notebook, tablet, internet, dll. Sedangkan untuk para siswa/mahasiswa pada saat ini bukan hal yang asing sebuah handphone. Dan handphone adalah salah satu media yang dapat dijadikan sebagai media belajar. Dilain sisi tersedianya paket internet dari pemerintah secara lebih merata keseluruh negeri juga hal yang penting untuk menunjang terciptanya sekolah berbasis digital.

 

  1. Sistem Informasi Akademik Terpadu

Sistem Informasi Akademik dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan manajemen sekolah guna mengoptimalkan pengelolaan seluruh aktivitas akademik secara otomatis melalui pemanfaatan teknologi. Sistem Informasi Akademik mencakup secara luar hal hal dibidang akademik, seperti sistem PPDB, pengelolaan administrasi, E-Learning, E-Library dll. Yang penggunaanya dilakukan secara digital, sehingga dapat dilakukan dimana saja melalui pemanfaatan sistem informasi akademik. Baca juga : Tidak Sia Sia, Mengenal SIA (Sistem Informasi Akademik)

 

Berencana Merancang Sistem Informasi Akademik yang Terpadu untuk Mengoptimalkan Sekolah Basis Digital? Konsultasikan secara gratis untuk mendapatkan hasil terbaik untuk mendukung kemajuan Sekolah Anda!

Kontak melalui whatsapp kami atau klik ikon whatsapp disebelah kanan halaman ini.

Bagikan ke sosial media :