5 Menu Tampilan yang Harus Ada di Website Sekolah

5 Menu Tampilan yang Harus Ada di Website Sekolah

Saat ini banyak sekolah yang sudah memiliki website, karena website sekolah sangat memudahkan sekolah dalam proses penyampaian informasi sekolah kepada pihak orangtua, murid, masyarakat. Selain itu dengan adanya website sekolah ini kegiatan promosi sekolah pun menjadi lebih efektif dan efisien karena semua informasi tentang sekolah dapat dengan mudah diakses melalui internet.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dan keunggulan memiliki website sekolah, pada kesempatan kal ini kami akan membahas menu apa saja yang harus ada di website sekolah, diantaranya adalah sebagai berikut :

Home/ Halaman Utama

Ini adalah menu pertama yang ditampilkan di website sekolah. Kita bisa melihat gambaran umum sekolah lewat halaman ini. Biasanya dalam menu ini, kita bisa melihat gambaran sekolah tampak depan, ringkasan profil sekolah, beberapa item menu pendukung yang lainnya, serta informasi-informasi terupdate.

Profil sekolah

Menu ini menampilkan secara lengkap segala informasi tentang sekolah. Biasanya informasi yang disampaikan adalah meliputi sejarah sekolah, visi misi sekolah, struktur organisasi sekolah, profil guru dan karyawan, fasilitas, kegiatan ekstrakurikuler dan hal-hal berkaitan tentang profil sekolah, dengan adanya menu ini orangtua dan masyarakat dapat lebih mudah untuk mengetahui lebih lengkap profil sekolah dan menjadi pertimbangan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.

Kontak Sekolah

Setelah mendapat informasi lengkap tentang sekolah, biasanya orangtua/ wali murid akan mencoba menanyakan beberapa hal yang dirasa kurang jelas kepada pihak sekolah. Maka dari itu sangat penting untuk mencantumkan lokasi sekolah dan kontak di website, biasanya kontak yang dicantumkan meliputi nomor telpon, email, dan akun sosial media (Instagram, Facebook, Twitter dll).

Blog/ Informasi

Menu ini berisi tentang informasi sekolah ter-up to date seperti pengumuman untuk kegiatan yang akan datang, artikel yang mengulas kegiatan yang telah dilaksanakan sekolah, artikel pengetahuan dll. Melalui menu ini, secara tidak langsung sekolah memiliki peluang untuk melakukan branding terhadap sekolahnya, yakni dengan mempublish artikel yang bermanfaat dan berkualitas di menu blog sekolah.

Galeri

Melalui menu galeri, pihak sekolah dapat mengunggah berbagai foto kegiatan sekolah yang selama ini telah dijalankan ataupun prestasi siswa-siswinya. Hal ini sedikit banyak akan menjadi bahan pertimbangan bagi para orang tua siswa yang ingin mendaftarkan putar-putrinya untuk menjadi bagian dari sekolah tersebut.

Demikian tadi menu-menu yang harus ada di tampilan website sekolah. Setelah mengetahui pentingnya memiliki website sekolah dan menu apa saja yang wajib ada di halaman website sekolah, sudah selayaknya di era yang serba digital ini sekolah memiliki website dan mengelolanya dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *