www.sevenmediatech.co.id





Blog 21 Januari 2022 / Admin SMT

6 keuntungan menggunakan sistem E-Attendance

 

E-Attendance mulai diperkenalkan sejak berkembangnya koneksi internet yang mudah dicapai oleh orang-orang terkemuka. Saat internet menjadi barang yang mudah diakses dengan harga yang terjangkau pula, penggunaan E-Attendance menjadi pilihan yang tepat digunakan oleh bidang Pendidikan, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dan jarak jauh.

 

E-Attendance adalah sebuah sistem absensi menggunakan ponsel pintar dari karyawan. Cara kerjanya, siswa maupun guru/karyawan cukup login melalui aplikasi yang telah diunduh sebelumnya. Lalu siswa dan guru/karyawan tersebut bisa mencatatkan kehadiran mereka secara langsung melalui sistem presensi yang disediakan dalam E-Attendance. Data kehadiran akan masuk ke dalam sistem dan dipantau oleh Walikelas jika seorang siswa, sedangkan guru dipantau oleh staff pengelola presensi guru dan karyawan.

 

 

 

Berikut 6 keuntungan menggunakan sistem E-Attendance pada dunia pendidikan:

  • Rekapitulasi Lebih mudah 

Memudahkan pencatatan serta rekapitulasi daftar hadir para siswa. Sebab, dengan adanya absensi ini sekolah tidak lagi perlu melakukan rekap daftar hadir siswa secara satu persatu manual. Daftar kehadiran, keterlambatan, dan ketidakhadiran sudah tercatat secara otomatis tanpa perlu memindahkannya secara manual. Selain itu, sistem pada absensi online juga biasanya sudah terintegrasi antardata sehingga perubahan data dapat dilakukan secara otomatis dan juga akurat.

 

  • Terintegritas dengan Sistem Lain

Absensi online biasanya akan diintegritaskan dengan sistem lain yang dikelola oleh sekolahan. Hal ini juga tergantung pada kebutuhan sekolahan, yaitu pada sistem apa presensi ini diintegrasikan. Namun biasanya absensi online para siswa diintegrasikan dengan sistem raport yang dikelola oleh guru.

 

  • Perampingan Tugas Kerja

Sekolah yang telah menggunakan absensi digital, tidak perlu lagi melakukan rekapitulasi daftar hadir. Hal tersebut disebabkan karena semua tugas pengurusan absen sudah dilakukan oleh sistem E-Attendance. Sehingga tidak lagi diperlukan banyak sumber daya manusia untuk pengurusan absensi. 

 

  • Lebih Efektif dan Menghemat Biaya

E-Attendance sebagai absensi online tidak memerlukan perangkat fisik, tidak memerlukan pemasangan sistem ataupun mesin absen untuk melakukan absen sehingga cara ini akan menghemat pengeluaran. Jika menggunakan absensi online, kamu hanya perlu mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakan ponsel kamu untuk mengakses sistem E-Attendance. 

 

  • Perhitungannya Akurat 

Sistem E-Attendance hanya perlu terkoneksi dengan internet sehingga kemampuan memantau data dapat dilakukan secara realtime. Keunggulan pemantauan ini dapat  memudahkan kinerja dalam memproses data kehadiran serta ketidakhadiran siswa otomatis tersinkron. Sistem ini juga dapat membuat perhitungan jam kerja yang akurat karena waktu yang dipakai tersinkron otomatis dengan waktu yang berlaku di semua perangkat.

 

  • Memudahkan Analisa Data Kehadiran

Dengan menggunakan sistem E-Attendance tidak butuh lagi rekap absensi periodik saat membutuhkan data kehadiran siswa. Tersedianya data secara real-time memudahkan untuk melakukan pengambilan keputusan secara mendesak.

 

Keuntungan yang ditawarkan oleh penggunaan sistem E-Attendance diatas dapat menjadi pertimbangan beralih dari sistem absensi manual maupun absensi konvensional menjadi sistem absensi  online atau yang dikenal dengan sistem E-Attendance.

 

Berminat menerapkan sistem absensi online dengan sistem E-Attendance?

Konsultasikan sekarang, dengan menghubungi kami sebagai software house berpengalaman dibidang teknologi sejak 2013. Berpengalaman dalam membuat dan mengembangkan sistem IT. Hubungi melalui kontak whatsapp berikut:  Klik Di sini

Dan jangan lupa  cek portofolio kami di sini.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru