www.sevenmediatech.co.id





Blog 18 April 2022 / Admin SMT

Alur Pembuatan Website

 

Di era digitalisasi saat ini, perkembangan teknologi menjadi hal yang tumbuh dan berkembang beriringan dengan majunya kehidupan. Website bukan lagi menjadi hal baru untuk masyarakat. Penggunaan website kini dapat dijumpai pada semua aspek dan bidang kehidupan manusia.

 

 

Dalam proses pembuatan website tentu melalui proses yang bertahap, beberapa tahapan pembuatan sebuah website hingga menjadi website yang siap digunakan oleh user. Berikut 7 alur pembuatan website yang dilakukan :

 

1. Idea (Ide)

Ide adalah proses awal dari alur pembuatan website yang menjadi sebuah konse, tanpa adanya ide tidak akan terjadi perencaan akan sebuah aktivitas. Ide juga dianggap sebagai gagasan utama atau gagasan pokok, merupakan sebuah gagasan atau rancangan pokok yang dibuat menjadi sebuah konsep dari sebuah perancangan yang muncul sebagai modal awal sebuah pembuatan sistem.

 

2. Planning (Perencanaan)

Setelah ide terkonsep alur pembuatan website berikutnya adalah tahap dimulainya dengan proses perencanaan. Pada tahap pembuatan website ini menentukan tujuan dari website yang akan dibuat. Perlu melakukan analisa dan pengumpulan data yang diperlukan untuk pembuatan website, kemudian menempatkan beberapa kebutuhan tersebut untuk dikembangkan.

 

Selain itu dalam proses planning membutuhkan penjadwalan kerja, agar setiap step planning dapat dikerjakan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

 

3. Design (Desain)

Alur pembuatan website berikutnya ialah desain. Dari informasi dan data yang telah dikumpulkan pada tahap planning, tahap berikutnya adalah desain, desain dibuat terhadap tampilan halaman dari sebuah situs terkait dengan desain UI/UX sebuah website. Desain diperlukan untuk memberikan keindahan dan citra dari website anda. Hal ini dapat berupa kombinasi warna-warna unik, tata letak, jenis huruf yang membuat isi website nampak menarik dan mudah untuk dibaca.

 

Citra dari desain website harus memberikan kesan yang tak terlupakan dan memiliki ciri agar membedakan dengan website lainnya. Desain tentang bagaimana situs dapat berinteraksi dengan para pengunjung sehingga memudahkan bernavigasi.

 

4. Scripting (Pemrograman)

Pada alur pembuatan website ini merealisasikan ide-ide dari tahap sebelumnya pada website. Pemrograman meliputi teknologi yang digunakan untuk menjadikan ide-ide dalam tahap desain tersebut ke realitas dengan proses coding. Dari gambaran yang diperoleh dari tahap desain, selanjutnya Anda dapat melakukan scripting dari hasil desain tersebut ke dalam bahasa web sehingga bisa diluncurkan di Internet.

 

5. Testing (Uji Coba)

Pengujian dilakukan untuk meyakinkan semua halaman situs telah terhubung dengan benar dan semua link eksternal. Tahap ini menguji fungsionalitas dari formulir-formulir interaktif dan validasi penginputan data. Tahap ini dikatakan sebagai kontrol pengujian kualitas, baik di server lokal maupun di server hosting terhadap file-file yang sudah diupload.

 

6. Promotion (Promosi)

Setelah tahap uji coba, alur pembuatan website tidak berhenti sampai disitu, saatnya meluncurkan situs webite ke Internet untuk mendeklarasikan keberadaannya kepada jangkauan yang lebih luas (dunia).

 

Promosi merupakan tahap yang sangat penting untuk membuat situs Anda dikenal, baik melalui media offline maupun online. Mempromosikan website yang dimiliki dapat dilakukan dengan pencantuman semua media bisnis yang ada, seperti kartu nama, brosur, kop surat dan lain-lain.

 

7. Maintenance (Pemeliharaan)

Pemeliharaan website menjadi hal yang tidak kalah penting, dimaksudkan untuk menjaga kesegaran situs Anda dengan isi-isi yang terbaru agar website tidak dirasa mati atau tidak aktif (sebagai bentuk eksistensi). Perlu secara konstan meninjau dan memperbaiki situs dengan penambahan informasi-informasi terbaru untuk menarik para pengunjung.

 

Server yang digunakan secara konstan juga terpelihara agar keamanan situs Anda terjaga dari serangan-serangan hacker. Pada tahap ini juga meliputi perubahan struktur situs yang ada atau penambahan fitur-fitur baru sesuai dengan perkembangan teknologi untuk menambah ketertarikan para pengunjung website. Pembangunan dan pengembangan sebuah website yang sukses tidak ada batasan berakhir.

 

7 alur pembuatan website diatas adalah tahapan yang dilalui dalam pembuatan website, baik oleh seorang web developer maupun design UI/UX.

 

Kunjungi informasi dan pengetahuan lainnya di  blog  dan  instagram  untuk menambah referensi Anda. lihat  portofolio  kami untuk mengenal kami lebih jauh lagi.

 

Berencana membuat website dan aplikasi android?

Konsultasikan dengan  hubungi kami disini.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru