Apa itu Antivirus ?

Apa itu Antivirus ?

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga sebagai perangkat lunak perlindungan virus, program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.

Sama halnya dengan software lain, antivirus juga tersedia gratis dan berbayar. Berikut ini, beberapa antivirus yang dapat diperoleh secara gratis.

1. Avira Free Antivirus

Antivirus ini cepat, mudah digunakan, efisien tanpa fitur-fitur yang tidak perlu. Dan yang paling penting mencapai 100% deteksi malware, skor dimana itu menyamai BitDefender dan Kaspersky dan secara signifikan lebih baik dari banyak kompetitor lainnya.

Avira juga memiliki browser extension(Optional) yang bisa mencegah web yang anda buka tracking aktifitas anda.

2. Bitdefender Antivirus Free Edition

Beberapa Antivirus sering berusaha menarik perhatian anda dengan memunculkan pop up atau notifikasi dari setiap update atau gangguan yang muncul dan telah berhasil diatasi. Tapi itu tidak terjadi dengan Bitdefender Antivirus Free Edition. Ini adalah ‘Ninja’ dari software Antivirus dimana itu bekerja dengan diam-diam dalam memberikan proteksi.

Ini adalah Antivirus yang bebas iklan, bebas penawaran-penawaran, bebas maintenance dan ringan dalam pengoperasian. Bitdefender tidak membuat komputer anda menjadi lebih lambat atau menginterupsi apa yang sedang anda lakukan dengan komputer.

Untuk user yang lebih menginginkan fitur-fitur yang atraktif mungkin aplikasi lain akan lebih sesuai. Tapi untuk yang menyukai Antivirus yang bekerja dengan efektif dalam ketenangan, Bitdefender adalah pilihan yang tepat.

3. AVG Antivirus Free Edition 

Antivirus dengan banyak fitur, mudah dioperasikan dan bisa mengaktifkan scanning secara remote.

Antivirus yang telah begitu populer dan digunakan secara luas selama bertahun-tahun. Dashboard intuitif dan mudah digunakan, scanner akan mengecek link dan juga file-file yang di download dan ada fitur pintar untuk scan komputer anda dari ponsel jika anda menduga komputer anda telah terinfeksi.

4. Avast Free Antivirus 

Avast antivirus versi gratis menawarkan fitur yang menarik. Ini melindungi dari Malware dan Antivirus, bisa mengidentifikasi celah jaringan wifi anda dan menyertakan implementasi yang baik dari Password Manager untuk mengorganisir dan menjaga data-data login anda tetap aman dan mudah diakses.

Seperti Antivirus yang lain, anda mendapatkan fitur lebih jika menggunakan versi berbayar. Tidak ada perlindungan untuk Phising dan Spam Filter di dalam Avast versi gratis, tapi tetap versi gratis ini bekerja dengan baik dalam memberikan perlindungan secara umum untuk komputer anda.

5. ESET

Antivirus yang satu ini bisa membantu Anda untuk memilih mana file bervirus yang bisa dihapus dan mana file virus yang cukup dikarantina agar tidak membahayakan file bersangkutan. 

6. PC Media Antivirus

Dari segi ukuran, antivirus yang satu ini tidak akan merepotkan dalam operasional maupun penyimpanan. Antivirus pc media juga bisa digunakan untuk mendeteksi virus lokal yang mengubah data aplikasi dan membersihkannya tanpa menghapus file aplikasi yang bersangkutan.

7. McAfee Free

Produk ini membantu mengatasi masalah virus yang tidak sengaja merusak program karena akses internet.

8. Smadav

Produk antivirus yang satu ini memberikan akses otomatis untuk scanning usb yang dimasukkan kedalam perangkat komputer. Tak hanya itu, produk antivirus ini memberikan akses sempurna untuk scan virus lokal yang membahayakan data komputer. 

source : http://www.baikdanbenar.com/antivirus-terbaik.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *