www.sevenmediatech.co.id





Blog 29 November 2021 / Admin SMT

E-Financial : Solusi dari Permasalahan yang Sering Terjadi dalam Administrasi Keuangan Sekolah

 

 

Dalam dunia Pendidikan, administrasi merupakan bagian penting dalam berjalannya sistem belajar mengajar. Administrasi tidak hanya dan surat menyurat yang dikelola oleh Tata Usaha (TU), namun administrasi juga berperan mengelola keuangan sekolah.

 

Sistem Informasi Akademik memberikan kemudahan dalam pengelolaan administrasi keuangan melalui layanan E-Financial. E-Financial sendiri merupakan sistem informasi yang digunakan untuk pengelolaan keuangan secara digital melalui teknologi. Dalam proses pencatatan melalui sistem E-Financial, data yang telah diinputkan dapat langsung terhubung dalam Sistem Informasi Akademik yang dapat diakses oleh Guru, Karyawan atau Staff selaku admin yang memiliki akses.

 

Walaupun proses pencatatan secara manual oleh seorang Bendahara yang telah ahli dibidangnya, tidak dapat dipungkiri bahwa resiko terjadinya kesalahan lebih lebar terjadi dibandingkan melalui proses pencatatan E-Financial. Selain itu pencatatan secara manual juga dinilai kurang ekonomis karena membutuhkan biaya untuk pembelian media catat seperti buku, nota, kwitansi dll. Serta keefektifannya dinilai cukup rendah, menyulitkan saat melakukan pencarian laporan keuangan ditahun tahun yang telah lalu.

 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang berdampak pada dunia akademik, penerapan sistem berbasis digital, kini menjadi solusi yang dapat dirasakan keuntungannya oleh lapisan masyarakat di Sekolah.

 

Berikut beberapa keuntungan dari pemanfaatan E-Financial:

  1. Dapat dengan mudah menginput data, menyimpan, atau melakukan perhitungan keuangan secara cepat.
  2. Dapat secara langsung mencetak data jika memasuki waktunya pembuatan laporan pertanggungjawaban.
  3. Menampilkan informasi keuangan siswa sehingga tidak ada yang tersirat lagi.
  4. Semua data yang dimasukkan di aplikasi akan otomatis disimpan atau terintegrasi dalam satu database.
  5. Data yang telah diinput juga dapat langsung terhubung dalam sistem informasi akademik yang dikelola oleh para walikelas.
  6. Data terjamin keamanannya dan tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  7. Pengelolaan sistem administrasi sekolah menjadi lebih efisien, mudah dilakukan, transparan, realtime dan jarang terjadi kekeliruan.
  8. Sistem bisa didapatkan dengan cara yang mudah dan tentunya dengan biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau.

 

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, menjadikan nilai lebih dari E-Financial. Memutuskan untuk beralih menggunakan E-Financial mulai dari sekarang adalah trobosan yang tepat untuk digunakan.

Hubungi kami melalui  Whatsapp . Serta untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari kami cek juga Instagram @ sevenmediatech .

Bagikan ke sosial media :