www.sevenmediatech.co.id





Blog 18 November 2021 / Monika Rachma

Fitur yang Wajib Ada dalam Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi

 

1. Kurikulum Perkuliahan
Fitur ini menampilkan kurikulum perkuliahan.
Sebagai berikut:

    • Menampilkan kurikulum perkuliahan meliputi sks (sks teori, sks praktek, sks praktek lapangan), semester pelaksanaan, staf pengajar dan mata kuliah prasyarat.
      Fitur ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk menambahkan SAP (Satuan Acara Perkuliahan).
    • Kurikulum yang ditampilkan menurut per semester.
    • Jadwal ujian darian mata kuliah dari setiap semester.

 

2. Dosen

Fitur ini berisi data-data terkait dosen.
Sebagai berikut:

    • Profil dosen lengkap dengan foto dosen.
    • Perubahan data dapat dilakukan sendiri oleh dosen bersangkutan.
    • Untuk privasi dosen, beberapa isian seperti nomor telpon atau alamat dapat diatur oleh yang bersangkutan agar tidak ditampilkan dalam sistem.
    • Berisi jadwal tugas mengajar dari masing masing dosen.
    • Fasilitas entri nilai mahasiswa untuk menentukan nilai akhir mahasiswa (KHS).

 

3. Karyawan
Fitur ini berisi data-data terkait karyawan.
Sebagai berikut:

    • Profil karyawan lengkap dengan foto karyawan.
    • Perubahan data dapat dilakukan sendiri oleh karyawan bersangkutan.
    • Untuk privasi karyawan, beberapa isian seperti nomor telpon atau alamat dapat diatur oleh yang bersangkutan agar tidak ditampilkan dalam sistem.

 

4. Mahasiswa
Fitur ini berisi data-data terkait mahasiswa.
Sebagai berikut:

    • Isian data akademik mahasiswa.
    • Isian biodata mahasiswa, seperti nama lengkap, telpon, tempat dan tgl lahir, alamat, Riwayat sekolah, data orangtua, dll.
    • Khusus untuk mahasiswa transfer, tersedia isian kampus asal, program studi asal, npm asal dan sks yang diakui.
    • Perubahan data dapat dilakukan sendiri oleh mahasiswa bersangkutan.
    • Untuk privasi mahasiswa, beberapa isian seperti nomor telpon atau alamat dapat diatur oleh yang bersangkutan agar tidak ditampilkan dalam sistem.
    • Berisi data jadwal kuliah dari masing masing siswa.
    • Fasilitas absensi untuk mahasiswa saat mengikuti kegiatan perkuliahan (KRS)

 

5. Profil Alumni
Fitur ini berisi data-data terkait alumni. Selain data alumni secara otomatis ditambah saat status data mahasiswa dirubah menjadi alumni, alumni yang belum tercatat juga dapat melakukan pendaftaran menggunakan blanko yang ada.
Sebagai berikut:

    • Blanko pendaftaran alumni yang dapat diisi oleh alumni.
      Nantinya alumni yang mendaftar secara online tersebut, statusnya akan ditandai belum divalidasi pengelola, sampai pengelola merubah statusnya menjadi valid.
    • Perubahan data dapat dilakukan sendiri oleh alumni bersangkutan.
    • Fasilitas pencarian data alumni yang ada.
    • Untuk privasi alumni, beberapa isian seperti nomor telpon atau alamat dapat diatur oleh yang bersangkutan agar tidak ditampilkan dalam sistem.

 

6. Lembaran Hasil Studi & Transkip
Fitur ini berguna untuk melihat hasil studi yang telah dilakukan seorang mahasiswa, yang dapat mempermudah mahasiswa dalam merencanakan studi perkuliahannya.
Sebagai berikut:

    • Input nilai berdasarkan mata kuliah pada KRS/KRS SP Online yang diajukan mahasiswa.
    • Jika terjadi pengulangan mata kuliah, nilai yang akan diambil adalah nilai tertinggi.
    • Fasilitas pencetakan LHS berdasarkan semester.
    • Fasilitas pencetakan Transkip nilai.
    • Pencatatan jumlah dan transkip dicetak.
    • Tanggal pendaftaran skripsi.
    • Tim penguji skripsi mahasiswa.
    • Tanggal dan nilai yudisim.
    • Tanggal dan periode wisuda mahasiswa.

 

7. Pendaftaran Mahasiswa Baru
Fitur ini berguna untuk pendaftaran mahasiswa baru secara online.
Sebagai berikut:

    • Blanko pendaftaran hanya dapat diakses disaat jadwal yang ditentukan.
    • Blanko berisikan isian data-data calon mahasiswa yang harus dilengkapi.

 

8. Kuliah Online
Fasilitas untuk dosen meletakkan bahan-bahan perkuliahan dan mahasiswa dapat mengakses untuk mengikuti perkuliahan.
Fitur-fitur:

    • Akses bahan perkuliahan dari dosen.
    • Pengelompokkan bahan perkuliahan dapat dibagi dalam folder-folder terpisah.
    • Proses upload bahan perkuliahan praktis, karena file yang diupload linknya langsung muncul.

 

9. Kalender Akademik
Fitur yang berisi kalender akademik selama satu tahun akademik.

 

10. Pengumuman
Fitur yang berisi pengumuman dari kampus kepada seluruh mahasiswa yang ditampilkan dalam sistem.

 

Dari fitur yang disediakan memudahkan penggunaan karena pengelompokan tatanannya dan mengefektifkan layanan yang diberikan kepada masyarakat perguruan tinggi dalam menggunakan sistem informasi akademik. Untuk Anda yang berminat membuat sistem informasi akademik, dapat mengkonsultasikannya pada kami. Software House yang telah bekerja secara profesional sejak 2013 dengan layanan terbaik.

Hubungi kami melalui >>> Whatsapp ini.

Bagikan ke sosial media :