www.sevenmediatech.co.id





Blog 22 April 2022 / Admin SMT

Mengenal Database : Pengertian, Manfaat, Jenis

 

Perkembangan teknologi sekarang ini membuat kita dimanjakan dengan kemudahan, dengan perangkat keras seperti smartphone, komputer, laptop dan lainnya yang memudahkan kegiatan sehari hari. Penggunaan aplikasi pada perangkat tersebut dapat diakses dan terjadi karena adanya sistem penyimpanan data yang disebut dengan database.

 

 

Pengertian Database

Database atau penyimpanan data adalah kumpulan data yang dikelola sedemikian rupa yang terhubung dan disimpan dalam media elektronik yang saling berhubungan sehingga memudakan pengelolaanya.

 

Manfaat Database

  1. Kemampuan seleksi data yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah
  2. Menghindari terjadinya pengulangan data.
  3. Keamanan data terintegritas.
  4. Kontrol data terpusat.
  5. Menjadi alternatif penyimpanan ruang data.
  6. Memudahkan dalam menyimpan, mengedit dan menghapus data.

 

Jenis dan Produk Database

1. Operational Database

Dikenal dengan nama On Line Transaction Processing. Berfungsi sebagai tempat mengelola data dinamis secara real-time atau langsung. Di samping itu, operational database memberikan manfaat kepada penggunanya untuk melihat hingga dapat memodifikasi data. Produk database dari operational database yakni Json dan XML.

 

2. Database Warehouse

Sebagai komponen inti business intelligence sering digunakan untuk melakukan analisis dan pelaporan data. Database warehouse yaitu repository sentral terpadu dan berasal dari satu atau lebih sumber yang berbeda. Produk daatabase dari database warehouse yakni Microsoft SQL Server.

 

3. Distributed Database

Sistem ini terdistribusi melalui suatu situs yang tergabung dan tidak memiliki komponen fisik. Basis data yang satu ini tidak terpasang pada perangkat komputer atau sejenisnya yang serupa. roduk daatabase dari distributed database yakni Microsoft Access.

 

4. Relational Database

Mengorganisir data berdasarkan model hubungan data. Basis data relasional ini digunakan oleh banyak perangkat lunak untuk mengatur dan memelihara informasi melalui hubungan setipa data. roduk daatabase dari relational database yakni My SQL, PostgreSQL, Maria DB, MongoDB, Oracle Database, SAP HANA, IBM Db2, MemSQL, Interbase, Firebird.

 

5. End-User Database

Basis data yang satu ini dikembangkan oleh end-user melalui workstation meraka. Berbagai jenis berkas data dibuat sendiri dengan suatu prosedur tertentu. roduk daatabase dari end-user database yakni SQLite.

 

Database memiliki peran penting dalam proses penyimpanan dari aplikasi yang digunakan dalam sebuah perangkat. Dari beberapa manfaat database diatas dapat diketahui bahwa sistem penyimpanan data memiliki peranan penting.

 

Kunjungi informasi dan pengetahuan lainnya di  blog  dan  instagram  untuk menambah referensi Anda. lihat  portofolio  kami untuk mengenal kami lebih jauh lagi.

 

Berencana membuat website dan aplikasi android?

Konsultasikan dengan  hubungi kami disini.

 

sumber referensi dicoding.com

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru