www.sevenmediatech.co.id





Blog 11 Maret 2022 / Admin SMT

Menjadi Web Developer Profesional

 

Etika kerja merupakan sikap, pandangan, kebiasaan, ciri-ciri atau sifat mengenai cara bekerja yang dimiliki seseorang, suatu golongan atau suatu bangsa (Tasmara, 2000:14).

 

Etika kerja yang tinggi mampu menciptakan rutinitas menjadi tidak akan membuat bosan, bahkan mampu meningkatkan prestasi kerja atau kinerja individunya. Hal yang mendasari etika kerja tinggi di antaranya keinginan untuk menjunjung tinggi mutu pekerjaan, maka individu yang mempunyai etos kerja tinggi akan turut serta memberikan masukan- masukan ide di tempat bekerja dan mematuhi etika kerja yang sudah ada, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, karena etika kerja tidak semuanya tercatat secara tulisan.

 

Dalam setiap profesi yang ada dimasing masing bidang pekerjaan tentu memiliki etika profesi sebagai pedoman individu yang bekerja, tidak ketinggalan web developer juga mempunyai etika kerja menuju web developer profesional.

 

 

Berikut etika kerja seorang web developer yang perlu dimiliki:

  1. Reability/Keandalan
  2. Confidentiality/Kerahasiaan
  3. Usability/Kegunaan
  4. Longevity/Keabadian

 

Simak yuk penjelasannya mengenai ke empat etika kerja seorang web developer :

1. Keandalan

Web developer profesional memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan proyek yang diterimanya dapat diselesaikan dengan baik, serta bisa percaya untuk berkolaborasi dengan programmer maupun web designer.

 

Seorang web developer dapat dinilai tidak beretika dan tidak profesional ketika melarikan diri dan tidak bertanggung jawab atas proyek yang pegang, perlu adanya komunikasi yang lancar dengan klien apabila mengalami kendala atau keraguan.

 

2. Kerahasiaan

Etika web developer berikutnya adalah menjaga kerahasiaan untuk menyimpan dan merahasiakan akses kode panel-panel (CPanel, FTP, dll) yang digunakan hal ini menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan selama proyek berlangsung.

 

Dengan tujuan agar mempermudah klien jika lupa akses pada panel website yang digunakan, klien juga perlu diberikan penjelasan atau pelatihan untuk mengoperasikan website yang dirancang.

 

3. Kegunaan

Web developer harus memastikan kegunaan website berjalan dengan optimal dan memastikan kegunaan website sesuai dan sudah memenuhi permintaan klien dengan menggunakan fitur dan fasilitas pada website.

 

Selain itu website yang baik memudahkan pengguna dalam menggunakan website yang dirancang. Navigasi yang sederhana dapat diperoleh dengan berkoordinasi pada UI/UX designer.

 

4. Keabadiaan

Dalam menjalankan peran ini seorang web developer memastikan dan menjaga keberlanjutan atau eksistensi website dengan memperbarui fitur interaktif. Maka dari itu Web developer perlu bekerjasama dengan seorang web master untuk maintenance/pemeliharaan aplikasi.

 

Seorang web developer tidak semata mata hanya bekerja sembarangan di depan laptop/komputer dalam menyelesaikan proyek website atas permintaan klien, web developer memiliki etika kerja untuk dipatuhi sebagai cerminan seorang web developer yang profesional tentu harus melaksanakan etika kerja yang ada sebagai cerminan sikap yang ditunjukkan, baik web developer dengan jobdesk yang berbeda beda.

 

Kunjungi informasi dan pengetahuan lainnya di  blog  dan  instagram  untuk menambah referensi Anda. lihat  portofolio  kami untuk mengenal kami lebih jauh lagi.

 

Berencana membuat website dan aplikasi android?

Konsultasikan dengan  hubungi kami disini.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru