www.sevenmediatech.co.id





Blog 13 Mei 2022 / Admin SMT

Payment System : Pengertian dan jenis jenis payment

 

 

Apa itu payment system?


Sebagai pelaku usaha, istilah payment system sudah tidak asing lagi didengar. Secara bahasa Indonesia, payment system adalah sistem pembayaran, yang berarti sebuah sistem yang mengatur pemindahan dana dari pembeli ke penjual.

 

Dalam perkembangan teknologi, membuat sistem pembayaran dapat dilakukan secara digital loh. Sistem pembayaran ini dilakukan secara non tunai.

Yuk simak jenis payment tunai dan non tunai :

 

Jenis payment yang akrab dengan maysarakat Indonesia

 

1. Tunai
 

Jenis payment system yang pertama adalah tunai. Sistem tunai dilakukan dengan pembayaran secara cash. Metode pembayaran ini dipakai dilakukan sejak tahun 1946 ketikan ORI (Oeang Repulik Indonesia) dikenalkan.

Meski perkembangan teknologi menyediakan alternatif pembayaran secara digital, sistem tunai masih dipergunakan oleh banyak masyarkat Indonesia, sebab untuk transaksi jual beli bernilai kecil penggunaan uang tunai masih menjadi sistem pembayaran.

 

2. Non Tunai
              

Seiring perkambangan zaman, sistem pembayaran tunai dinilai kurang praktis. Sebagai solusi hal tersebut, disediakan sistem pembayaran secara non tunai yang dikenal dengan cashless. Payment system secara non tunai dilakukan secara digital menggunakan media elektronik. Berikut beberapa sistem pembayaran secara non tunai yang ada di Indonesia:

 

a. Kartu debit dan kredit
               

Kartu debit dan kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank. Sistem kartu debit merupakan pembayaran yang dilakukan dengan mengambil/mengurangi tabungan dalam saldo yang anda miliki. Sedangkan kartu kredit merupakan pembayaran yang tidak menggunakan saldo tabungan, melainkan bentuk tagihan yang akan dibayarkan dikemudian hari beserta biaya lain yang dikeluarkan, bahasa sederhanya adalah pinjaman dari bank.

 

b. Virtual Account

 

Virtual account merupakan sebuah rekening virtual, yang tidak dipegang oleh siapapun. Virtual account berbentuk ID yang dikeluarkan pihak bank. Biasanya virtual account lebih umum digunakan pada perusahaan.

              

Pembeli cukup melakukan pembayaran melalui ID virtual account yang berebntuk nomor, tanpa perlu melakukan konfirmasi, pihak perusahaan akan langsung menerima pembayaran.

 

c. E-wallet

 

E-wallet adalah sebuah dompet digital, berupa aplikasi yang dipasang/diinstal pada gadget untuk melakukan sebuah sistem pembayaran. Sistem pembayarn E-wallet dilengkapi dengan sistem keamanan yang hanya dapat diakses oleh pengguna. Beberapa jenis E-wallet yang popular di Indonesia :

OVO
DANA
ShopePay
GoPay
Jenius
 

 d. QRIS

 

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Sistem pembayaran QRIS adalah memanfaatkan kode QR yang bersifat multiscane, yang mana satu kode QR dapat digunakan untuk semua jenis pembayaran. Sehingga memudahkan penjual tidak perlu menyediakan banyak kode QR.

 

Kunjungi informasi dan pengetahuan lainnya di  blog  dan  instagram  untuk menambah referensi Anda. lihat  portofolio  kami untuk mengenal kami lebih jauh lagi.

 

Berencana membuat website dan aplikasi android?

Konsultasikan dengan  hubungi kami disini.

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru