Penerapan Ujian Online di Sekolah? - Jasa Pembuatan Website, Aplikasi, Digital Marketing, Semarang

BLOG


Ujian online adalah proses pelaksanaan ujian yang dilaksanakan secara real-time (langsung) melalui komputer/laptop/tablet PC yang terhubung dengan sambungan internet. Adapun fasilitas-fasilitas yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan ujian online pun meliputi laptop/komputer, modem, wifidsb serta menggunakan aturan – aturan tertentu untuk mencegah peserta ujian melakukan kecurangan layaknya ujian tertulis dan dilaksanakn dalam waktu tertentu.

Perkembangan Ujian Online

Setelah sebelumnya pemerintah mulai melaksanakan sistem ujian online pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai tahun 2014. Saat ini sudah banyak sekolah yang mulai menerapkan sistem ujian online pada kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS).

Keunggulan Ujian Online

Hal ini terjadi karena, dengan penerapan ujian online, penilaian hasil ujian jauh lebih mudah dilakukan karena hasil ujian sudah terintegrasi dan otomatis terolah di sistem. Selain itu dengan adanya ujian online ini, secara tidak langsung dapat menghemat anggaran karena tidak ada pengeluaran untuk kertas untuk melaksanakan ujian (nirkertas).

Keraguan Penerapan?

Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak sekolah yang masih ragu untuk menerapakan ujian online. Penyebab keraguan ini salahsatunya adalah ketakutan akan ‘keribetan’ penggunaan sistem ujian online dan kekhawatiran terhadap guru maupun siswa yang akan merasa kebingungan dalam pelaksanaan ujian online. Padahal sebenarnya pihak pengembang (developer) sudah merancang sistem yang user friendly dan mudah digunakan oleh orang non IT sekalipun. Kebingungan ini bisa diatasi dengan penguatan dalam penjelasan petunjuk penggunaan dan pelaksanaan.

Peningkatan Literasi Teknologi

Selain memudahkan dalam penilaian, melalui ujian online secara tidak langsung sekolah turut berkontribusi dalam meningkatkan literasi siswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini sangat diperlukan sebagai upaya peningkatan keterampilan siswa agar siap menghadapi perkembangan teknologi di masa depan.

Jadi, sudahkah sekolah Anda menerapkan sistem ujian online?

Berikut ini sistem ujian online yang dapat menjadi referensi bagi sekolah Anda, https://www.sevenmediatech.co.id/work

KANTOR KAMI

Kantor Pusat
  • Jalan Stonen Timur No. 7A, Rt 7, Rw IX, Bendan Ngisor, Gajah Mungkur, Semarang.
  • 0857-4774-7725 & 0857-4032-2375
  • info@sevenmediatech.com
Kantor Pekalongan
  • Ruko Fotocopy Rumah Kertas (Depan Kampus Stikes 2), Puri Utara 1C No. 12, Perum Puri Kedungwuni.
  • 0857-4250-9672

MEDIA SOSIAL

NEWSLETTER