www.sevenmediatech.co.id





Blog 24 Desember 2021 / Admin SMT

TIPS SUKSES MENERAPKAN E-LEARNING

 

E-Learning merupakan kegiatan yang dilakukan dengan waktu pertemuan yang sama. Namun tidak melulu E-Learning hanya dapat dibuka atau diakses saat itu saja. Sehingga E-learning terjadi sebagai metode pembelajaran yang juga memungkinkan peserta belajar di manapun dan kapanpun untuk mengakses sistem yang tersedia. Baca juga artikel mengenal E-Learning Sebagai Sistem Media Pembelajaran Masa Depan .

 

 

Menurut Craman JM (2005) yang dilansir dari President Aglint Learning, disebutkan bahwa ada 5 kunci sukses dalam implementasi sistem pembelajaran model  e-learning , sebagai berikut:

Acara langsung

Meski pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan internet, bukan berarti meninggalkan perkuliahan secara face to faceFace to face tetap dilaksanakan namun menggunakan cara yang berbeda, dengan virtual class room yang dilakukan pada waktu yang sama namun dalam lokasi temat yang berbeda beda.

Self-Paced Learning

Kemandirian dalam sistem E-Learning diutamakan, kemandirian disini berarti siswa harus aktif dan tanggap dalam mengikuti kegiatan pemeblajaran online, karena siswa dapat mengakses materi secara mudah yang telah disediakan dalam sistem E-Learning, kapanpun dan dimanapun dengan bentuk materi berupa media multimedia.

Kolaborasi

Kolaborasi antara siswa dan guru begitu penting demi terlaksananya kegiatan pembelajaran secara E-Learning yang sukses. Kolaborasi tidak hanya dibangun saat E-learning namun terjadinya komunikasi dengan guru melalui form diskusi, chat room, email maupun chat via whatsapp

Assessment

Pentingnya penilaian dari guru untuk siswa dijadikan sebagai tolak ukur pembelajaran yang baik dan sukses, guru sebagai seorang pengajar harus dapat membedakan jenis soal secara jelas yang diberikan kepada siswa antara jenis soal offline dan soal online. Karena masing masing dari sistem pembelajaran memiliki kekurangan dan kelebihannya yang berbeda.

Performance Support Materials

Semua perangkat harus dapat bekerja dengan baik demi menunjang dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran dengan sistem E-Learning, karena faktor utama dari sistem pembelajarn E-Learning adalah media yang mendukung. Sehingga file materi yang disediakan dapat diakses ketika online dan dapat dibuka ketika offline.

 

Tips tersebut adalah tips yang mendasar dalam menjalankan sistem E-Learning agar berjalan sukses.

Berminat menerapkan kegiatan pembelajaran online dengan sistem E-Learning?

Konsultasikan sekarang, dengan menghubungi kami sebagai software house berpengalaman dibidang teknologi sejak 2013. Berpengalaman dalam membuat dan mengembangkan sistem IT. Hubungi melalui kontak whatsapp berikut:  Klik Di sini

Dan jangan lupa  cek portofolio kami di sini.

Bagikan ke sosial media :