www.sevenmediatech.co.id





Blog 25 Februari 2022 / Admin SMT

Web Developer Pilih Windows atau Linux

Dalam dunia teknologi, sistem operasi pada perangkat komputer terdapat 3 macam jenisnya. Sistem operasi tersebut diantaranya adalah Mac, Windows dan Linux.

 

Kali ini yang akan dibahas mengenai sistem operasi Windows dengan Linux dan rekomdasi sistem operasi yang cocok untuk programmer menurut mimin, hehe

 


Windows adalah sistem operasi berlisensi dan kode sumbernya tidak dapat diakses . Ini dirancang untuk pemilik bisnis, pengguna komersial lainnya dan bahkan individu yang tidak memiliki pengetahuan pemrograman komputer.

 

Linux adalah sistem operasi sumber terbuka dan gratis berdasarkan standar Unix yang menyediakan antarmuka serta antarmuka pengguna.

 

Hal yang membedakan antara Windows dan Linux, sebagai berikut:

 

1. Pengguna

Ada 3 jenis pengguna di Linux sebagai pengguna Reguler, Administratif (root) dan Layanan. Sedangkan di Windows terbagi menjadi 4 jenis akun pengguna Administrator, Standar, Anak dan Tamu.

 

2. Penggunaan

Menurut data riset pasar, pada 92,63% PC di dunia, Windows berjalan, sementara hampir 1% pengguna PC menggunakan Linux. Banyak pengguna mengatakan sulit untuk menggunakan Linux dibandingkan dengan Windows sehingga daya tarik Linux sangat terbatas untuk penggunaan rumah tangga.

 

3. Inti

Linux menggunakan kernel monolitik yang menghabiskan lebih banyak ruang berjalan sedangkan Windows menggunakan kernel mikro yang membutuhkan lebih sedikit ruang tetapi menurunkan efisiensi sistem yang berjalan daripada Linux.

4. Sistem File

Di Microsoft Windows, file disimpan dalam folder pada drive data yang berbeda seperti C: D: E:. Tetapi di Linux semua diperlakukan seperti Linux, file diurutkan dalam struktur pohon yang dimulai dengan direktori root dan bercabang ke berbagai sub-direktori lainnya.

 

5. Sumber Terbuka

Tidak seperti OS Windows yang komersial, Linux adalah  perangkat lunak open source  yang tersedia secara gratis untuk diunduh. Ada ratusan  distribusi Linux  yang tersedia di mana hampir lima ratus distro sedang dalam pengembangan aktif.

 

6. Keamanan

Windows adalah OS yang banyak digunakan peretas. Windows (versi konsumen) pada awalnya dirancang untuk kemudahan penggunaan pada PC pengguna tunggal tanpa koneksi jaringan dan tidak memiliki fitur keamanan bawaan. Sedangkan Linux didasarkan pada arsitektur multi-pengguna, membuatnya jauh lebih stabil daripada OS pengguna tunggal seperti Windows. Karena Linux digerakkan oleh komunitas dengan pemantauan rutin oleh para pengembang.

 

7. Kinerja

Linux lebih kuat dan serbaguna dibandingkan Windows. OS Linux ringan sehingga lebih cepat dari OS Windows. Peningkatan yang signifikan dalam kecepatan pada distro Linux akan dapat dirasakan ketika digunakan.

 

8. Pribadi

Linux tidak memata matai penggunanya. Sistem Linux hadir dengan opsi enkripsi tingkat militer bawaan yang tidak main main dalam segi keamanan. Sebaliknya, Windows semakin didorong oleh iklan selama beberapa tahun terakhir. Dalam iklan tersebut berisi retasan, walapun sekali lagi dapat di close iklan yang ditampilkan.

 

9. Lisensi

Kernel Linux di sebagian besar distribusi sepenuhnya gratis dan open source. Dibandingkan Microsoft Windows umumnya dihargai antara $99,00 dan $199,00 USD untuk setiap salinan berlisensi.

 

10. Kendala

Windows menjadi lamban dari hari ke hari, sehingga perlu menginstal ulang ketika mengalami crash atau pelambatan pada sistem. Sebagai pengguna Linux, tidak perlu menginstal ulang hanya untuk merasakan sistem yang lebih cepat dan lancar.

 

Menurut kalian lebih nyaman menggunakan sistem operasi Windows atau Linux?

 

Kunjungi informasi dan pengetahuan lainnya di    blog    dan   instagram    untuk menambah referensi Anda. lihat    portofolio    kami untuk mengenal kami lebih jauh lagi.

Berencana membuat website dan aplikasi android?

Konsultasikan dengan    hubungi kami disini.

 

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru