www.sevenmediatech.co.id





Blog 03 Desember 2021 / Monika Rachma

5 Fitur Wajib dalam Sistem E-Financial

 

 

Jika dulu sistem informasi keuangan sekolah lebih sering digunakan secara manual, kini semakin mudah dan cepat karena tersedia secara online berbasis web. Adanya sistem berbasis web tentu akan memudahkan pengelolaan keuangan sekolah terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, sangat tepat digunakan mengingat segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan membutuhkan banyak data.

 

Demi mencapai sistem pencatatan keuangan berbasis web secara maksimal, perlu adanya fitur fitur yang memenuhi kebutuhan pencatatan.

 

Berikut 5 fitur yang wajib ada dalam sistem infromasi keuangan (E-Financial):

 

  1. Master Data

Pencatatan data-data siswa menjadi hal paling mendasar yang harus ada pada setiap software sekolah. Termasuk dari software pembukuan perlu mencatat database para siswa sampai kepada perincian dari alamat dan kontak, jika database dari siswa tidak tercantum maka itu berarti akan menjadi salah satu kendala yang terlalu signifikan. Karena itulah penting dan harus dimiliki oleh sekolah.

 

  1. Data Penerima Beasiswa

Dalam sistem keuangan sekolah perlu mendata naman ama dari siswa yang memperoleh beasiswa, karena erait kaitannya pembayaran biaya sekolah dengan beasiswa yang diterima oleh siswa. Sistem ini akan otomatis memotong tagihan yang seharusnya dibayarkan.

 

  1. Tagihan

Dipengelompokan kali ini, berisi kumpulan tagihan tagihan yang harus dibayarkan oleh para siswa, diantaranya tagihan uang Gedung (jika ada), SPP perbulan, biaya modul dan biaya lain lainnya yang dapat ditambahkan.

 

  1. Laporan

Sistem E-financial pada dasarnya mempermudah penggunannya dalam mengelola laporan keuangan yang dibutuhkan oleh pihak sekolah secara cepat. Baik laporan persebut berupa laporan pemasukan, pengeluaran, hutang piutang dan arus kas yang diperoleh dari internal maupun eksternal (berupa bantuan BOS).

 

  1. Pengajuan

Pengajuan ini dapat berupa RKT yang diajukan pertahunnya untuk memperolah acc dari pihak yang mengelola keuangan sekolah, sehingga dalam sistem ini dapat mengetahui pengajuan mana yang perlu diperioritaskan untuk terrealisasi. Kemudian data pengajuan yang telah ter-acc dapat tercatat dan terlihat di daftar pengajuan dalam sistem E-Financial tersebut.

 

               Fitur ini menjadi standar profesionalnya suatu sistem E-Financial dalam melakukan pencatatan keuangan akademik sekolah. Dengan fitur yang memadahi menjadikan sistem dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Berencana membuat E-Financial untuk kebutuhan akademik keuangan Anda?
Konsultasikan dengan menghubungi kami melalui kontak >>> Whatsapp

Untuk informasi lebih lanjut cek >>> Instagram kami

Bagikan ke sosial media :

Artikel Terbaru