Dewasa ini, perkembangan teknologi digital berdampak pada segala aspek hidup manusia modern. Kemudahan, kepraktisan dan kelancara yang ditawarkan teknologi membuat masyarakat memanfaatkan dan menggunakan media digital. UMKM pun tidak ingin tertinggal dengan perkembangan yang menjanjikan ini. UMKM juga memiliki kesempatan untuk growup, berkembang dengan jangkauan pasar yang lebih luas.
Pada kesempatan kali ini, akan diulas apa itu UMKM dan bagaimana cara meningkatkan omzetnya dengan peran teknologi digital
UMKM merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pengertian UMKM sendiri
adalah kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, badan usaha kecil atau rumah tangga.
Dalam pembagiannya, UMKM terbagi menjadi 3 golongan, sebagai berikut:
Perlu diketahui UMKM menjadi salah satu nadi ekonomi di Indonesia, lantas UMKM memiliki peran sebagai berikut:
UMKM menjadi tonggak penting bagi kemajuan ekonomi tidak hanya diwilayah kota besar namun juga sebuah desa
UMKM berperan membantu pemerintahan mengurangi angka penggangguran, karena tingginya serapa tenaga kerja untuk melakukan produksi padat karya.
UMKM menjadi penggerak perputaran uang, dimana masyarakat dapat menaruh modal kepada UMKM sebagai tabungan atau investasi, sehingga uang masyarakat tidak mengendap namun dapat diputar sebagai modal usaha.
Tentu saja bisa, berikut adalah sebuah cerita yang dapat diambil pesannya suksesnya. “Cara tingkatkan omzet usaha kecil, pendapatan besar”.
Ini cerita tentang pengalaman saya Satyo (29 tahun) seorang freelancer jasa fotografi dan videografi, bermula dari hobi memotret, menawarkan diri untuk sekedar membantu dan membuat saya mulai dikenal beberapa orang sebagai freelancer fotografi.
Sesekali saya ikut join bersama Wedding Organizer mengabadikan momen dari prewedding, lamaran hingga acara pesta pernikahan. Namun hal itulah yang menjadi masalahnya
Saya belum memiliki nama sendiri, hanya sebatas dikenal sebagai tukang foto biasa. Padahal saya mengharapkan untuk dapat lebih dikenal sebagai fotografer/videographer profesional
Yah itulah yang terbesit dipikiran saya, memutuskan membuat company profile untuk jasa fotografi yang saya jalankan, agar lebih dikenal berdiri sendiri. Seperti yang diketahui tujuan dari branding company profile adalah sebagai media pengenal, identitas, media informasi dan portofolio. Sehingga dengan adanya company profile membuat jasa fotorgrafi yang saya punya menampilkan citra profesional.
Kunjungi informasi dan pengetahuan lainnya di blog dan instagram untuk menambah referensi Anda. lihat portofolio kami untuk mengenal kami lebih jauh lagi.
Berencana membuat website dan aplikasi android?
Konsultasikan dengan hubungi kami disini.
Bagikan ke sosial media :