Manfaat Website Untuk UMKM

Manfaat Website Untuk UMKM

Di era digital marketing, website tentunya sudah jadi suatu esensi yang penting bagi pelaku usaha. Makanya banyak pula pelaku bisnis baik yang besar maupun UMKM yang kalah saing dibandingkan dengan pelaku bisnis yang menggunakan teknologi digital. Bahkan perusahaan besar yang sudah lama berdiri pun bisa saja gulung tikar jika tidak mau mengejar para pelaku bisnis muda. Disini peran website untuk UMKM jadi lebih penting nih. Terlebih jika website yang digunakan adalah website profesional sehingga bisa bersaing secara sejajar dengan perusahaan besar yang sudah berdiri sebelumnya.

Mengapa menggunakan website profesional? Kalian para pelaku UMKM bisa saja menggunakan website dengan template yang bisa didapatkan secara gratis, tapi, website bisa juga digunakan untuk meningkatkan brand image tokomu lho! Maka, perkara website ini tidak boleh disepelekan.

Nah, jadi apa saja manfaat website bagi UMKM?

Banyak orang yang mencari produk dan jasa dengan online

Tidak sedikit orang yang sekarang ini pergi langsung membuka browser komputer mereka memakai mesin pencari untuk menemukan produk dan juga jasa. Tanpa sebuah situs web, maka sebuah bisnis kehilangan satu potensi untuk bisa ditemukan oleh para calon pelanggan baru yang tengah mencari bisnis tersebut.

Marketing secara online

Membangun website yang efektif dan juga mengembangkan strategi pemasaran online bisa memberi ROI yang baik pada sebuah perusahaan. Keuntungan marketing yang lain ialah bahwa tidak ada media yang lebih fleksibel dan juah lebih responsif pada bisnis selain sebuah situs web.

Orang-orang mencari kalian dengan cara online

Selain banyak yang mencari produk dan layanan, maka konsumen juga memakai website untuk memperoleh kontak dengan sebuah usaha. Apabila mereka memerlukan nomor telepon, sekarang mereka akan menuju mesin pencari untuk mencari situs web perusahaan. Bayangkan jika mereka tidak bisa menemukan informasi kontak apapun terkait usaha maupun produk kalian.

Komunikasi pelanggan

Banyak pemilik bisnis yang nantinya akan memberitahu kalian bahwa pelanggan yang paling penting ialah pelanggan yang sudah kalian miliki. Tidak ada cara yang lebih mudah dan juga lebih nyaman untuk mempertahankan kontak pelanggan selain dengan memakai media online. Dan lewat website perusahaan, maka kalian bisa menjaga database kontak pelanggan kalian semua mendistribusikan newsletter, mengambil survei serta memperbarui data pelanggan sehingga mereka akan merasa kalian mengambil upaya untuk tetap memberi mereka update informasi.

Mempelajari pasar

Tidak sedikit pemilik usaha kecil yang menyadari nilai memahami pasar mereka. Sebuah website ialah cara yang terbaik untuk melacak pola pelanggan dan juga preferensi dengan mempelajari statistik kunjungan sesuai dengan demografi. Kalian juga mungkin ingin untuk membuat survei maupun formulir input saran.

Karena pelanggan mengharapkannya

Tidak sedikit dari pesaing kalian mempunyai website dan hampir pasti bahwa pesaing kalian yang jauh lebih besar mempunyai keberadaan online yang signifikan. Sebuah situs web yang dirancang dengan baik ialah cara untuk menyajikan gambaran online profesional serta untuk mengekspos bisnis kalian ke khalayak luas dengan cara yang tidak bisa dilakukan dengan metode pemasaran yang lain.

Bagaimana? Setelah membaca manfaatnya jadi lebih sadar betapa pentingnya sebuah website bukan? Masih mau pakai website template gratisan? Mending pakai website profesional deh! Kalian tidak bisa membuatnya? Oh man, banyak banget jasa pembuatan web di luar sana. Spend a little time to find them.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *