Seperti Apa Website Sekolah Yang Baik Dan Benar?

Seperti Apa Website Sekolah Yang Baik Dan Benar?

Saat ini website sekolah bukan lagi menjadi kebutuhan tambahan, melainkan menjadi kebutuhan utama sekolah di era yang serba digital seperti sekarang. Seperti yang kita ketahui bahwa, dengan adanya website sekolah informasi tentang sekolah dapat dengan mudah diakses oleh murid, wali murid maupun masyarakat luas, selain itu publikasi promosi sekolah pun menjadi lebih mudah dan efisien karena semua orang dapat mengaksesnya di internet.

Sudah banyak sekolah yang memiliki website, karena sudah menyadari pentingnya website sekolah di era digital ini. Namun, sudahkah website sekolah ini memiliki tampilan yang baik dan berfungsi dengan benar?

Lalu, seperti apa website sekolah yang baik dan benar itu ?

Design website yang professional

Tampilan website merupakan daya tarik utama mengapa pengunjung mau lama-lama berada di website tersebut. Jika tampilannya kurang menarik maka bisa dipastikan pengunjung akan segera pergi dari website tersebut. Website sekolah harus dikemas secara profesional dengan tampilan yang menarik dan navigasi menu yang mudah dipahami. Jadi jangan pernah membuat desain website sekolah secara asal-asalan dengan kombinasi warna yang aneh.

Berikut ini contoh tampilan website sekolah yang bisa Anda jadikan referensi https://sevenmediatech.co.id/work

Mobile friendly

Saat ini orang lebih suka menggunakan smartphone untuk mengakses internet daripada laptop atau PC. Apakah website sekolah Anda sudah mobile friendly? Dengan kata lain apakah tampilan website tersebut terlihat sama bagusnya di ponsel dan smartphone?

Jika website sekolah Anda belum mobile friendly maka ini adalah kerugian besar. Mengapa demikian? Karena website sekolah Anda akan kehilangan potensi trafik yang cukup besar dari pengunjung yang mengakses Internet lewat ponsel mereka.

Struktur yang tepat

Struktur desain website ini berkaitan dengan penempatan menu navigasi, gambar, kontak, logo, foto, dan lain sebagainya. Hal ini juga merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah desain website. Setiap kategori harus diatur sedemikian rupa agar tidak membuat kesan penuh pada halaman utama.

Adanya tautan (link) menuju halaman lain

Sebaiknya desain website sekolah juga menyertakan tautan (link) yang mengarahkan pengunjung menuju halaman lain. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung juga tidak akan merasa mudah bosan dengan halaman utama website sekolah. Dengan penyertaan tautan (link) ini tentunya akan membuat desain web lebih variatif dan menarik.

Selain itu, desain website seperti ini juga memudahkan pengunjung website untuk mencari informasi tertentu berdasarkan klasifikasi yang telah didesain sebelumnya, seperti tautan (link) yang mengarahkan pengunjung website pada halaman profil sekolah, data prestasi sekolah, informasi pendaftaran, dan informasi lainnya.

Konten yang Up to date

Seberapa sering website sekolah Anda memperbarui kontennya? Jika informasi yang ada di website sudah tidak up to date maka cepat atau lambat website tersebut akan ditinggalkan oleh pengunjung. Sebenarnya banyak sekali informasi menarik yang bisa ditampilkan di website sekolah. Anda tidak akan kehabisan inspirasi untuk konten website sekolah Anda. Misalnya saja aktivitas siswa dan guru, agenda kegiatan yang akan diselenggarakan, foto-foto kegiatan sekolah, dan sebagainya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *