6-Langkah-Meningkatkan-Omzet-Bisnis-Kafe

6 Langkah Meningkatkan Omzet Bisnis Kafe

Mungkin anda mengimpikan untuk mempunyai bisnis kafe. Namun untuk mewujudakan mimpi itu di pelukan strategi yang terkonsep dengan matang agar nanti tidak hanya menciptkan suasana asik tetapi juga meningkatkan omzet anda.  Mendirikan kafe tidak hanya meracik kopi  yang akan di sajikan tetapi juga harus memikirkan biaya-biaya, Margin profit dan target pasar.

Berikut langkah-langkah yang anda dapat lakukan untuk meningkatkan omzet usaha kafe.

Branding Kafe

Mmebangun citra brand atau  merek yang sangat kuat sangatlah penting . Karena dari sebuah brand, anda sedang mengomunikasikan kepada pelanggan .Brand juga mengirimkan pesan tersirat mengenai produk-produkyang anda tawarkan kepada pelanggan.

Sebisa mungkin membuat brand dari kafee ada menyerap semua hal yang anda lakukan Mulai dari Logo, Kemasan produk dan  desain kafe anda. Mengkomunikasikan brand bisa anda lakuakan lewat social media untuk mendekatkan anda dengan pelanggan

Cari Keunikan Kafee

Sebuah keunikan membuat cafee berbeda dengan kafe yang lain. Sederhananya, Keunikan Kafee dapat tercipta daro standart kualitas kopi yang tinggi membuat satu set minimum signature kafe anda.

Do it Yourself

Lakukan segala hal, khususnya yang terkait dengan urusan rehabilitasi dan reparasi peralatan kafe Anda, dari diri Anda sendiri (Do It Yourself). Dewasa ini, dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, Anda bisa mencari segala hal mengenai bagaimana mereparasi berbagai hal di internet. Atau jika Anda sanggup untuk mendesain dekorasi sesuai konsep dan tema kafe Anda, itu akan menjadi nilai tambah. Karena keuntungan dari Do It Yourself adalah di samping meningkakan kreativitas, Anda bisa memangkas biaya-biaya yang keluar secara signifikan.

Jaga Pengeluaran Kafee

Perhatikan tiap pengeluaran kafe Anda secara detail. Karena dengan mengetahui biaya apa saja yang keluar dari operasional kafe, Anda bisa memetakan dan memangkas biaya-biaya tersebut. Bahkan Anda bisa mengetahui biaya apa yang sekiranya kurang perlu untuk dikeluarkan pada suatu periode.

Reguler

Pelanggan reguler atau biasa disebut pelanggan setia merupakan kunci penting bagi usaha kafe. Sederhananya, buat kafe Anda senyaman mungkin agar pelanggan selalu datang kembali ke kafe Anda. Di sini peran pemasaran kafe Anda begitu berarti. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mendatangkan pelanggan reguler Anda. Seperti memanfaatkan strategi Word of Mouth, membuat satu pelanggan nyaman dengan pelayanan kafe Anda, lalu pelanggan tersebut seakan menghasut teman-teman lainnya agar datang ke kafe Anda.

Menyediakan kartu member mungkin bisa mendatangkan pelanggan reguler lebih banyak. Namun, perlu diketahui ada cara unik lain yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan reguler dan tentunya ramah biaya. Seperti melakukan pendekatan kekeluargaan terhadap pelanggan Anda. Barista kafe bisa mengajak ngobrol membicarakan banyak hal agar bisa mengetahui lebih dalam kepribadian pelanggan dan tentunya menambah kenyamanan pelanggan. Atau sesekali Anda bisa memberikan minuman gratis kepada suatu pelanggan. Intinya, sebisa mungkin lakukan hal apapun untuk mendapatkan hati pelanggan. Hal ini juga melancarkan strategi Word of Mouth disamping Anda menggencarkan pemasaran kafe Anda lewat social media untuk mendapatkan pelanggan reguler.

Pilih Tempat Yang Startegis

Kiat jitu pertama untuk menjadikan usaha kafe ini sukses meskipun dengan modal yang minim adalah dengan memperhatikan lahan dan tempat yang akan digunakan. Usahakan lahan dan tempat yang akan Anda gunakan sebagai kafe ini berada di lokasi yang ramai dan strategis. Anda tidak harus menyewa tempat di mal untuk bisa menarik banyak pengunjung, namun dengan tempat sendiri di pinggir jalan yang ramai, Anda juga sangat mungkin mendapatkan pelanggan yang banyak.

Satu hal penting lagi dari hal ini adalah cobalah untuk membuat tempat yang nyaman bagi pengunjung. Tempat yang nyaman memang sangat mendukung untuk membuat pengujung betah dan datang lagi di lain waktu. Maka semakin terasa nyaman kafe Anda untuk pengunjung maka semakin banyak pula pengujung yang akan datang ke kafe Anda. Dari sini maka Anda akan mampu meraih pendapatan atau omset yang besar setiap bulannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *