Emotional businessman with tablet computer proving his point to coworker. Financial manager reading document when listening to arguments of his colleague. Business conversation concept

Faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi bisnis

Tidak hanya melakukan penjulan saja dalam dunia bisnis, Sebuah perusahaan juga haru membangun hubungan baik antar perusahaan, konsumen, supllier, masyarakat dan sebagainya. Karena komunikasi suatu hal yang penting, Untuk mendukung terjadinya hubungan maka di perlukan komunikasi, Tetapi komunikasi ini yang terjadi adalah komunikasi bisnis. Dengan komunikasi bisnis, anda dapat melakukan kerja sama ataupun Melakukan promosi silang yang dapat menguntungkan.

Definisi komunikasi bisnis

Apakah anda mengetahui pengertian dari komunikasi bisnis?

Menurut Floyd (2006), Komunikasi bisnis di gunakan dalam dunia bisnis dan di dalamnya mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Sementara purwanto (2003), Mendefinisikan Komunikasi bisnis sebagai kegiatan yang meliputi pengiriman dan peneriamaan pesan-pesan antar 2 orang, kelompok kecil, atau dalam satu lingkugan atau lebih dengan tujuan untuk mepengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi.

Unsur- Unsur Komunikasi Bisnis

  • Komunikasi bisnis dapat terjalin dengan baik jika terdapat unsur-unsur komunikasi bisnis. Berikut unsur-unsur yang trdapat dalam komunikasi bisnis:
  • Tujuan komunikasi, dalam melakukan komunikasi tentu saja harus ada tujuan yang di sampaikan.
  • Pertukaran pikiran
  • Informasi, gagasan opini atau instruksi yang merupakan isi pesan
  • Saluran personal atau impersonal
  • Sinyal atau simbol, Sebagai alat dan metode yang dapat di pahami dan di mengerti oleh penerima untuk menyampaikan pesan
  • Pencaipaian tujuan, sebagai hasil akhir.

Efektivitas Komunikasi Bisnis

Agar tercapai suatu tujuan, maka komunikasi bsinis sebaiknya dilakukan secara efektif. Berikuat ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efektifaa komunikasi bisnis.

  • Presepsi

Dalam melakukan komunikasi, Seseorang komunikator juga harus memiliki presepsi terkait topik pembicaraanya. Komunikator harus dapat memprediksi lewat berbagai macam presepsi nya tentang pesan yang disampaikan atau di komunikan

  • Keberhasilan Teknologi informasi dan komunikasi

Pada era teknologi seperti ini sekarang teknologi informasi juga memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan efektivitas komunikasi. Dengan menggunakan internet. Komnikasi menjadi mudah, cepatd an luas cakupanya. Oleh karena itu, Internet memiliki perannanya yang penting dalam perkembangan bisnis. Adapun perkembanganya bisnis tersebut mencakup nilai produk, aktivitas operasional dan pelayanan jasa.

  • Ketepatan

Dalam berkomunikasi, Manusia pasti memiliki kerangka berfikir yang berbeda beda. Agar informasi yang akan di berikan sampai dengan cepat , Maka komunikator juga harus mengekspresikan atau mengimlementasikan apa yang dipikirkan oleh komunikan.

  • Kredibalitas

Terkadang sebuah informasi yang disampaikan oleh seseorang tidak dipercaya oleh orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, maka komunikator juga harus yakin bahwa komunikan adalah pihak yang dapat dipercaya. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, intinya setiap pihak harus memiliki sikap saling percaya satu sama lain.

  • Pengendalian

Pengendalian juga diperlukan dalam proses komunikasi. Setiap komunikasi pasti akan ada tanggapan dari pihak penerimaan. Disinilah tugas komunikator untuk dapat mengendalikan tanggapan dari komunikan.

  • Kecocokan

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam komunikasi harus ada kepercayaan dan hubungan baik yang harus dijaga. Sehingga persahabatan antar perusahaan juga dapat terjalin dengan adanya komunikasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *