Strategy concept with wooden blocks with words on it on sage color background side view. space for text. horizontal image

Pahami analisis SWOT Perusahaan anda, supaya bisnis tetap berkelanjutan dari para kompetitor

Melakaukan analisis SOWT perusahaan tidak serumit yang anda bayankan, Justru dengan itu dapat melakukan hal tersebut, Anda di tantang untuk memikirkan strategi baru untuk perusahaan anda dan tentu akan mengsaah skill dan intuisi anda dalam berbisnis.

Definisi Anaslisi SWOT Perusahaan

SWOT merupakan kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threats. Jika di artikan, Analisis SWOT adalah kegiatan mengorganisir dan mengnalisa kekukatan (Strength) . Kelemahan (Weakness), Kesempatan (Opportunity) dan Ancaman (Threats) yang di alami bisnis anda.

Jika di pecah, Unsur kekuatan dan kelemahan bersifat internal bagi perusahaan ( seperti : reputasi bisnis, Hak paten, Lokasi pabrik). Anda masih dapat mengaturnya dari waktu ke waktu. Namun, Peluang dan ancaman bersifat eksternal (Seperti: pemasok, kompetitor, harga pasar), Suka atau tidak, Faktor eksternal seperti hal tersebut sangat sulit untuk anda atur karena sifatnya.

Bisnis apapun dapat menggunkan analisis SWOT kapan saja untuk menilai kondisi lingkungan yang berubah-ubah dan meresponya secara proaktif. Bahkan, disarankan melakukan pertemuan peninjuaan strategi perusahaan setidaknya sekali setahun yang dimulai dengan analisis SWOTperushaan.

Bagaimana Cara menggunkan Analisis SWOT perusahaan?

Binsis yang baru di bangun hatus menggunakan analisis SWOT sebagai bagian dari proses perencanaan mereka. Tidak ada istilah ‘”satu ukuran cocok untuk semua”. Dengan mengimplementasikan analisis SWOT, anda dapat menempatkan bisnis anda di jalur yang benar dan menyelamatkan bisnis anda dari berbagai permasalahan di kemudian hari.

Untuk mendapatkan hasil yang komprehensif dan obyektif, analisis SWOT paling baik dilakukan oleh sekelompok orang dengan perspektif yang berbeda di perusahaan Anda. Jajaran Manajemen, Bagian Penjualan, Customer Service, dan bahkan pelanggan pun dapat berkontribusi untuk menyumbangkan ide. Selain itu, proses analisis SWOT adalah peluang untuk menyatukan tim Anda dan mendorong partisipasi serta kepatuhan mereka terhadap strategi yang direncanakan perusahaan Anda.

Analisis SWOT biasanya dilakukan dengan menggunakan Four-Square SWOT Analysis Template. Tetapi Anda juga bisa membuat daftar sendiri untuk setiap kategori. Gunakan personalisasi metode Analisis SWOT Anda sendiri untuk mempermudah Anda memahami dan mengimplementasikannya.

Pertanyaan yang Muncul Ketika Melakukan Analisis SWOT Perusahaan

Dalam menggunakan Analisis SWOT Perusahaan, Anda bisa membuat daftar pertanyaan dari tiap kesempat unsur SWOT. Berikut contoh daftar pertanyaan yang bisa Anda buat dari tiap penjelasan masing-masing unsur Analisis SWOT:

  1. Strength (Bersifat internal, faktor positif)

Strength atau Kekuatan menjelaskan atribut positif baik yang berwujud dan atau tidak berwujud di dalam lingkungan internal perusahaan Anda. Unsur ini masih berada dalam kendali Anda. Pertanyaan-pertanyaannya adalah sebagai berikut:

-Sumber internal apa saja yang perusahaan Anda miliki? Jika pemaknaannya kepada Sumber Daya Manusia (SDM), Anda bisa mempertimbangkan hal-hal terkait berikut ini: Atribut positif dari tiap SDM, seperti pengetahuan, latar belakang, jaringan, reputasi, dan skill yang dimiliki.

-Aset berwujud perusahaan yang dimiliki? Seperti modal, obligasi, pelanggan reguler, dan aset berwujud lainnya.

-Keunggulan (Competitive Advantage) apa yang perusahaan Anda miliki dibandingkan dengan kompetitor lain?

-Apakah perusahaan Anda memiliki fasilitas pabrik dan lini R&D (Research and Development) yang mumpuni?

-Apa aspek positif internal lainnya yang sekiranya bisa menambah nilai dan keunggulan perusahaan Anda?

  1. Weakness (Bersifat internal, faktor negatif)

kelemahan adalah unsur yang mengurangi nilai yang Anda tawarkan atau mengurangi kerugian kompetitif (Competitive disadvantage). Anda perlu meninjau baik-baik area ini agar dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor Anda.

-Faktor apa saja yang menyebabkan perusahaan Anda terhambat untuk mendapatkan atau mempertahankan keunggulan kompetitif?

-Bidang atau bagian organisasi apa yang perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan Anda dan bersaing dengan kompetitor-kompetitor Anda?

-Apa kekurangan bisnis Anda? (misalnya, skill, keterampilan, atau teknologi).

-Apakah bisnis Anda memiliki sumber daya yang terbatas?

-Apakah bisnis Anda berada di lokasi yang kurang strategis?

  1. Opportunity (Bersifat eksternal, faktor positif)

Peluang adalah faktor-faktor eksternal yang bisa menjadi penentu kesuksesan bisnis Anda.

-Peluang apa saja yang ada di target pasar Anda atau seperti apa lingkungan yang dapat Anda manfaatkan?

-Apakah persepsi pelanggan terhadap bisnis Anda positif

-Apakah dalam waktu dekat ada potensi pertumbuhan pasar atau apakah ada perubahan-perubahan kondisi pasar yang menciptakan peluang?

-Seberapa besar sinyal peluang Anda muncul? Atau dengan kata lain, seberapa kritis timing peluang Anda muncul?

  1. Threats (Bersifat eksternal, faktor negatif)

Ancaman mencakup faktor eksternal di luar kendali Anda yang dapat menempatkan kondisi bisnis Anda berada dalam bahaya. Anda tidak memiliki kendali atas hal ini, tetapi Anda dapat mengambil manfaat dengan memiliki rencana cadangan untuk mengatasinya.

-Siapa saja kompetitor Anda

-Faktor apa yang berada di luar kendali Anda dan dapat menempatkan bisnis Anda dalam bahaya?

-Adakah tantangan yang disebabkan oleh kecenderungan atau perkembangan tren pasar yang tidak menguntungkan dan dapat menyebabkan menurunnya pendapatan atau laba?

-Situasi seperti apa yang mungkin mengancam usaha pemasaran Anda?

-Apakah ada perubahan signifikan dalam harga yang ditawarkan pemasok atau ketersediaan bahan baku?

-Bagaimana dengan perubahan perilaku konsumen, ekonomi, atau peraturan pemerintah yang dapat mengurangi tingkat penjualan Anda?

-Apakah teknologi yang memroduksi barang, peralatan, atau jasa telah usang atau kedaluwarsa?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *