Memilih Sistem ERP

Tips Memilih Sistem ERP yang Tepat

Dalam memilihi sistem ERP dalam suatu perusahaan tidak bisa sembarangan. Karena software ini dapat mempengaruhi kinerja proses bisnis perusahaan. Tentu semua perusahaan yang menggunakan software ini dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan dalam perusahaan yang dikelolanya. Sistem yang tepat dan sesuai saja perlu adaptasi dalam pengelolaan datanya, bisa dibayangkan jika sistem ERP yang digunakan abal abal, bukan?

Nah, berikut tips memilih sistem ERP yang tepat untuk perusahaan Anda:

1. Perhatikan budget yang dibutuhkan

Dalam membuat sistem ERP tentu membutuhkan layanan jasa yang memiliki budget yang sesuai, budget adalah salah satu hal utama yang perlu dipersiapkan. Pilihlah developer yang sudah memiliki pengalaman atau portofolio. Memang developer seperti ini akan memberikan harga produk yang cukup tinggi, tapi itu sepadan untuk keuntungan yang ditawarkan. Anda bisa melihat melalui website developer tersebut atau melihat testimoni pelanggan. Cobalah untuk mencari review sistemnya melalui internet. Oleh karena itu anda harus mengetahui dengan benar tentang detail harga yang ditarifkan.

2. Tanyakan Soal Fitur-Fitur Yang Ada Pada Aplikasi ERP

Tanyakan pada developer tentang fitur ERP yang ada, khususnya untuk menyesuaikan software dan sistem ERP dengan proses bisnis dalam perusahaan Anda. Yang perlu diingat semakin sesuai sistem ERP itu dengan perusahaan, semakin sedikit waktu yang digunakan untuk proses trial and error. Tentunya hal ini dapat menghemat waktu user, dan dapat secepat mungkin diterapkan pada perusahaan.

3. Request Demo Untuk Memastikan Kecocokan Dengan Kebutuhan Perusahaan

Sebelum melakukan kesepakatan dengan developer, mintalah free trial pada developer sebelum memutuskan untuk membeli sistem ERP, terutama jika itu developer baru. Anda bisa mencoba sistem ERP mereka untuk dipilih mana yang paling cocok dengan kegiatan bisnis pada perusahaan Anda. Keuntungan lainnya dari free trial yaitu, dapat melihat apakah sistem ERP yang ditawarakan dapat memberikan kemudahan dan kelebihan seperti yang ditawarkan.

4. Cari sistem ERP Yang Sesuai Dengan Bidang Usaha

Pilihlah sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Misalkan yang dibutuhkan adalah ERP untuk keuangan, maka belilah ERP yang khusus untuk sistem accounting. Anda bisa konsultasikan dahulu kebutuhan yang di perlukan kepada tim developer sebelum memutuskan memilih sendiri jika masih dirasa bingung ataupun ragu.

5. Sistem ERP Dari Developer Dalam Negeri Atau Luar Negeri

Anda harus paham perbedaannya. Karena developer aplikasi ERP dari dalam negeri akan lebih paham tentang kebutuhan perusahaan dalam negeri. Misalkan soal perpajakan, atau peraturan dan regulasi negara. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan kustomisasi dan adjustment yang akan memakan waktu, karena developer lokal sudah memasukkan pertimbangan tersebut kedalam aplikasi ERP mereka.

Semakin yakin memilih Kami sebagai developer perancang sistem ERP Anda? 

Setelah membaca 5 tips diatas, Anda semakin yakin dan tahu hal hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih sistem ERP yang tepat, sehingga diharapkan Anda tidak salah memilih jasa pembuat ERP untuk perusahaan Anda. 

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan jasa yang terpercaya dan profesional yaitu software House Seven Media Technology dengan memperoleh pelayanan konsultasi IT gratis sebelum melakukan proses pembelian jasa. Hubungi kontak whatapps kami di bagian kanan bawah halaman blog ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *