Website Online Shop dan Website Company Profile

Serupa tapi Tak Sama: Perbedaan Website Online Shop dan Website Company Profile

Sebuah website dirancang dengan navigasi yang berbeda, sesuai dengan tipe website yang dirancang agar memiliki fungsi masing-masing. Sebelum membahas masing-masing perbedaan dari kedua jenis situs web, perlu diketahui bahwa situs web toko online merupakan situs web yang memiliki fungsi utama untuk menjual produk kasap secara online yang sifatnya seperti toko.

Sedangkan website company profile merupakan website yang digunakan sebagai media informasi terkait informasi perusahaan dari produk, visi misi, deskripsi, kontak, dll. Kedua website tersebut sama sama sedang berkembang dan digunakan sebagai media pemasaran dalam sebuah bisnis.

Website online shop dan website company profile memiliki beberapa perbedaan antara lain, sebagai berikut: 

Tujuan

Perbedaan yang terletak pada tujuan antara website online shop dan website company profile yaitu, pada online shop (Toko online) untuk menjual produk sebanyak-banyak demi mencari keuntungan menggunakan media digital. Dari tujuan toko online tersebut, maka pemilik website online shope akan mendesain websitenya dengan tampilan semenarik mungkin.

Sedangkan untuk website company profile (Profil perusahaan) bertujuan untuk memberikan informasi kepada publik mengenai profil perusahaan dan hasil produknya. Walaupun website company profile juga memiliki tujuan untuk mencari keuntungan, namun fungsi utamanya yaitu untuk memberikan informasi kepada audiens dan mempromosikan perusahaan serta produk yang dihasilkan. 

Desain

Desain website antara website online shop dengan website company profile tentu berbeda. Desain website online shop biasanya lebih memperhatikan daya tarik tampilan desain websitenya agar menarik perhatian pengunjung . Desain website online shop biasanya menampilkan foto produk-produk yang menarik dan menyertakan promo atau tawaran yang menarik kepada pelanggan. Serta pada bagian menu bar biasanya diisi dengan tipe-tipe barang yang dijual. Pengelompokkan tersebut bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam memilih barang yang akan dicari.

Sedangkan website company profile memiliki desain yang lebih simpel dan memperhatikan image profesional pada desainnya. Hal tersebut karena website juga memiliki fungsi sebagai citra profil perusahaan yang bersangkutan. Pada bagian menu bar biasanya mencantum isi mengenai profil perusahaan dari sejarah, visi misi, tujuan, produk, dan kontak.

Informasi

Website online shop memberikan informasi mengenai produk yang dijual dengan penjelasan harga dan deskripsi produk disertai tambahan foto dari barang yang dijual. Sedangkan untuk website company lebih menekankan pada informasi mengenai gambaran perusahaan dan informasi produk. 

Iklan

Website online shop merupakan toko yang berfungsi untuk menjual produk dan mendapatkan keuntungan. Salah satu keuntungan lain dari adanya website online shop yaitu dari adanya iklan yang terpasang di websitenya. Walaupun tidak banyak memberikan keuntungan namun jika iklan di website banyak maka akan dapat menambah penghasilan lain diluar penjualan produk dari website tersebut. Sedangkan website company profile tidak ada iklan yang terpasang dalam websitenya. Hal tersebut karena website tersebut tidak untuk tujuan komersil namun untuk media informasi mengenai perusahaan.

Tipe Website Online Shop cocok untuk Anda yang ingin menjual produk secara online. Dengan website tersebut Anda dapat mengatur stok barang, biaya pengiriman, metode pembayaran, dan fitur – fitur lain yang bertujuan membantu Anda dalam melakukan transaksi secara digital..

Jenis Situs Web Profil Perusahaan sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat situs web untuk menawarkan produk/jasa maupun hanya untuk menampilkan informasi perusahaan, misalnya situs web untuk jasa arsitek, pendidikan, pernikahan, studio, kesehatan, perjalanan, dan situs web lain yang tidak memerlukan fungsi khusus.

Bagaimana, berminat untuk menerapkan dan menggunakan jasa kami sebagai jasa pembuat situs web profesional? 

Hubungi kontak whatapps disebelah kanan halaman bawah ini

Jika masih penasaran, jelajahi produk kami dan konsultasikan kebutuhan IT anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *