Yuk, Maksimalkan Bisnismu dengan Google Bisnisku!

Yuk, Maksimalkan Bisnismu dengan Google Bisnisku!

Pernah mencari alamat sebuah toko melalui Google? Lalu berpikir seberapa banyak uang yang toko itu keluarkan untuk bisa mendaftarkan tokonya di Google hingga bisa muncul di daftar pencarian bahkan di maps? Nope. Mereka hanya perlu mendaftar di Google Bisnisku, teman-teman. Gratis.

Google Bisnisku? Ya, Google Bisnisku adalah fasilitas dari Google yang digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk menampilkan dan mengelola profil online mereka di Google. Tempat bisnis/organisasi kemudian akan dimunculkan Google di penelusuran (Google Search) dan peta (Google Maps). Contohnya seperti berikut :

Lalu bagaimana cara mendaftarkan bisnis yang kalian miliki ke Google Bisnisku? Kalian cukup mendaftar disini https://www.google.co.id/bisnisku. Ikuti tahapannya dan isi semua formulir yang disediakan hingga Google akan mengirimkan PIN rahasia sebagai verifikasi alamat bisnis kalian. And done, coba deh cek maps 😉

Nah, terus apa aja sih keuntungan dari mendaftar di Google Bisnisku selain muncul di pencarian dan di peta? Ada banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Ini daftarnya!

  1. Google Bisnisku Gratis!

Siapa sih yang gak suka gratisan tapi manfaatnya banyak hehe. Kalian cukup menggunakan satu akun gmail dan kalian bisa mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku. Pihak Google kemudian akan verifikasi dengan mengirimkan PIN melalui postcard. Pastikan alamat bisnis kalian benar, ya! Nah ketika sudah diverifikasi, kalian bisa mengelola dan menampilkan bisnis kalian secara gratis. Termasuk semua fitur dan fasilitas didalamnya, dong.

  1. Membantu Konsumen Menemukan Alamat Fisik Bisnis Anda.

Nah ini lho yang kita bicarakan di awal tadi. Bisnis kalian akan tercantum secara resmi di peta (Google Maps). Peta tersebut merupakan salah satu fasilitas dalam Google Bisnisku. Semua orang pasti sudah tahu kan cara mengoperasionalkan Google Maps. Google Bisnisku kemudian akan merekam permintaan peta ini dan menyajikannya dalam statistik untuk Anda.

  1. Tampilan Lebih Baik di Google Search.

Tampilan ketika orang mencari di Google adalah: daftar website dari Google Ads, kemudian box berisi 3 perusahaan (inilah Google Bisnisku), dan dibawahnya daftar website yang muncul seperti biasa. Nah box ini ditampilkan menarik oleh Google. Ada informasi lengkap seperti  alamat, jam buka tutup, jumlah review, sehingga menimbulkan rasa ingin klik lebih besar.

  1. Google Bisnisku Menampilkan Informasi yang Berguna.

Google Bisnisku memberikan fasilitas update informasi sehingga akan cepat muncul di hasil pencarian. Pengguna akan segera tahu saat mencari bisnis kalian di Google dan akan melihat data-data bisnis kalian yang meliputi: Jam operasional, petunjuk arah (direction), alamat website, photo, tombol telpon, deskripsi bisnis, posting update promo, event dan produk. Kemudian tampil pula testimonial dari para pelanggan yang akan menambah keyakinan untuk bisnis kalian melalui review.

  1. Menambah Saluran (channel) Sales Marketing.

Semenjak kalian mendaftar bisnis kalian ke Google Bisnisku, maka profil bisnis kalian di Google Bisnisku ibarat toko ke 2. Manfaatkan fasilitas update promo, event dan produk didalamnya untuk tampilan segala kegiatan bisnis kalian.

  1. Mendapatkan Wawasan dari Fasilitas Analitik.

Disediakan pula sebuah fitur bernama Analisis (Insight) yang menampilkan informasi asal kunjungan, jumlah kunjungan, tindakan yang dilakukan oleh konsumen (berkunjung ke website/minta petunjuk arah/telpon). Dengan mengetahui data analitik tersebut, kalian tentu bisa mengatur strategi kampanye yang terbaik bagi bisnis kalian, bukan?

  1. Fasilitas Ulasan (Review).

Bisnis yang banyak diperbincangkan secara positif akan menciptakan tingkat trust issues yang tinggi bagi konsumen. Manfaatkan fasilitas ulasan (review) ini dengan meminta pelanggan kalian mengisi nya. Kemudian balaslah! Semakin banyak ulasan Google pasti akan melakukan sesuatu untuk bisnis Anda!

  1. Bisa Diakses Gunakan Smartphone.

Dan kalian juga bisa download aplikasi Google Bisnisku melalui Appstore atau Google Play. Cukup lewat smartphone kalian bisa update dan kelola bisnis kalian. Tidak perlu lagi menggunakan PC!

Google Bisnisku ini juga membantu meningkatkan rangking lokal. Caranya dengan membantu bisnis lokal untuk muncul terlebih dahulu dalam fasilitas penelusuran (Google Search). Tampil dalam kotak dengan 3 informasi bisnis lokal. Baru kemudian dibawahnya tampil daftar-daftar website lain yang berkaitan dengan kata kunci pencarian. Hal ini tentu sangat membantu UMKM di Indonesia.

Hasil rangking di Google ini didasarkan terutama pada relevansi (Relevance), jarak (Distance), dan ketenaran/keunggulan (Prominence). Faktor-faktor ini kemudian digabungkan untuk membantu menemukan kecocokan terbaik untuk hasil pencarian konsumen.

Misalnya, algoritma Google mungkin saja memutuskan bahwa bisnis yang lebih jauh jaraknya dari lokasi konsumen memiliki kecenderungan lebih tinggi apa yang dicari daripada bisnis yang lebih dekat, dan oleh karena itu Google akan memberikan peringkat lebih tinggi daripada yang berjarak dekat.

Relevansi (Relevance).

Relevansi mengacu pada sebarapa baik cantuman lokal dengan apa yang dicari oelh konsumen. Maka penambahan informasi bisnis yang lengkap dan terperinci dapat membantu Google memahami bisnis anda dengan lebih baik serta dapat mencocokkan daftar anda dengan penelurusan yang berkaitan.

Jarak (Distance).

Google yang dapat melacak lokasi konsumen akan memberikan profil Google Bisnisku yang paling dekat dengan lokaasi konsumen di hasil pencarianya. Namun, jika konsumen tidak menentukan lokasi dalam pencarian mereka, Google hanya akan menghitung berdasarkan apa yang diketahui tentang lokasinya.

Ketenaran/Keunggulan (Prominence).

Ini jelas mengacu terhadap seberapa terkenalnya suatu bisnis di lokasi tersebut. Beberapa bisnis memang lebih terkenal di dunia nyata, dan Google mencoba untuk menampilkannya hal ini di peringkat lokal. Misalnya toko terkenal, hotel terkenal, dan rumah makan terkenal akan cenderung menonjol di hasil penelusuran.

Keunggulan pun didasarkan dari informasi-informasi yang dimiliki Google dari seluruh web (seperti tautan/link, artikel, serta direktori). Jumlah dan skor peninjauan Google juga diperhitungkan melalui peringkat pencarian lokal. Sehingga lebih banyak ulasan dan peringkat positif mungkin akan berpengaruh dalam meningkatkan bisnis kalian di peringkat lokal bisnis. Posisi dalam web pun salah satu faktor, sehingga praktik terbaik SEO juga berlaku bagi pengoptimalan penelurusan Google Bisnisku.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *