v2

UI/UX : Kembar tapi Tak Sama

UI/UX design adalah dua pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya memegang peran yang sama penting dalam pengembangan web/aplikasi. Produk yang dihasilkan dapat dinyatakan berhasil jika UI/UX dapat digunakan dengan mudah dan menciptakan kepuasan penggunanya.

Secara pengertian UI/UX memiliki pengertian yang berbeda, walaupun dalam penggunaan bahasanya sering digunakan secara bersamaan.

Perbedaan UI/UX

Pengertian UI/UX

User Interface (UI)

UI adalah ilmu yang mempelajari tentang tata letak grafis suatu web atau aplikasi. Cakupan UI melingkupi tombol yang akan diklik oleh pengguna, teks, gambar, text entry fields, dan semua item yang berinteraksi dengan User. UI designer mendesain semua elemen visual, termasuk layout, animasi, transisi, dan semua interaksi kecil. Hal tersebut menjadikan Desainer UI adalah desainer grafis yang peduli dengan tatanan yang estetika atau indah serta menentukan tampilan yang tepat untuk web atau aplikasi.

User Experience (UX)

UX adalah seseorang yang bertugas membuat produk/jasa menajadi bermanfaat dan memvisualisasi user flow menjadi desain yang terpadu. Desainer UX bekerja sama dengan tim-tim lain untuk mencari titik temu (berupa produk yang bermakna, berguna, dan menyenangkan) antara kebutuhan pengguna, tujuan bisnis dan kemajuan teknologi.

UI dan UX yang Baik

UI yang baik

  • Konsistensi desain yang dibuat mampu membantu pengguna untuk mengerti pola website atau aplikasi.
  • Tampilan website harus fleksibel di semua perangkat.
  • Tampilan website harus terlihat jelas dan ringkas agar pengguna dapat memahami informasi yang ada dalam web/aplikasi.
  • Desain yang mudah dimengerti.
  • Kontras Warna yang Baik.
  • Informasi Terstruktur. Tidak hanya indah, namun juga mudah untuk digunakan.

UX yang baik

  • Mudah digunakan(usability).Pengguna bisa menggunakan fitur-fitur aplikasi atau website tanpa membutuhkan effort yang berlebih.
  • Memiliki nilai (valuable).Fitur yang ada pada produk sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Mudah untuk didapatkan (Adoptability). Pengguna bisa dengan mudah untuk memulai menggunakan produk tersebut, baik dengan cara membeli, mengunduh maupun dengan cara lainnya.
  • Kesukaan (Desirable).Berkaitan dengan perasaan emosi tertentu yang berhubungan dengan selera dari User dan perusahaan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *